Selamat Datang di blog IKAHI DIY

Selamat Datang di blog Ikatan Hakim Indonesia Derah Istimewa Yogyakarta (IKAHI DIY)
Blog ini merupakan forum silaturahmi para anggota IKAHI DIY yang menghadirkan berbagai kegiatan dan dokumentasi kegiatan anggota IKAHI DIY beserta berbagai analisa dan artikel hukum serta hasil tulisan beberapa anggota IKAHI DIY. Seluruh artikel dan penelitian hukum berikut diperbolehkan untuk dikutip maupun didistribusikan kepada publik guna tujuan pendidikan, penelitian ilmiah, kritisisasi dan review penulisan dengan catatan tetap mencantumkan nama penulis atau peneliti yang bersangkutan. Blog ini dibuat agar seluruh anggota baik pengurus maupun non pengurus bisa memantau segala kegiatan atau informasi dari IKAHI DIY secara online. Semoga Bermanfaat.

Senin, 11 Juli 2011

Transparansi Pengadilan Agama Sleman

Jumat, 8 Juni 2011 Blog Ikahi diy kebetulan berkunjung ke Pengadilan Agama Sleman, mencoba  melihat bagaimana reformasi peradilan telah dilaksanakan di pengadilan tersebut,  begitu memasuki  lobby,  disuguhi Desk Informasi dan Pengaduan,  touchsreen  terintegrasi  Aplikasi  SIADPA (Sistim Administrasi Peradilan Agama) dan TV Media Center. Unsur-unsur  Itulah  merupakan  pilar  reformasi peradilan  , demikian penjelasan  humas  Pengadilan  Agama  tersebut, selain itu pembayaran  beaya perkara  dilakukan di Bank, sehingga potensi pungutan liar dapat dicegah, paling tidak dapat diminimalisir.

Desk Information
Para pencari keadilan  dapat memperoleh informasi tentang perkara cukup di Desk Information , atau membuka touchscreen  akan  dapat  diakses  tentang perkara, jurnal keuangan , jadwal sidang,  prosedur berperkara dan lain sebagainya yang berhubungan  dengan perkara.

Admin Siadpa dengan Touchscreen
Di Pengadilan Agama tersebut, masyarakat disuguhi dengan TV Media Center,  untuk menonton telivisi sambil  melihat  jadwal persidangan hari itu.
Di lobby tersebut juga  juga dilengkapi dengan Meja Pengaduan untuk menampung keluhan dan laporan masyarakat, yang selanjutnya diserahkan kepada pimpinan untuk ditindak lanjuti.
Pelayanan kepada masyarakat kurang  mampu, Pegadilan Agama Sleman telah menyediakan bantuan hukum, lewat Posbakum ( Pos Bantuan Hukum )  bekerja sama (MOU) dengan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Fakultas Syari’ah UIN  Yogyakarta dan Asosiasi Pengacara Syari’ah Indonesia ( APSI ),  mereka dapat konsultasi dan minta bantuan hukum kepada dua lembaga tersebut dengan beaya Negara. Lebih dari itu  orang miskin dapat mengajukan pekara  secara cuma - cuma( prodeo)  Untuk transparansi  putusan maupun  Anggaran , masyarakat dapat mengakses melalui web site dengan alamat http://www.pa-slemankab.go.id/.
spanduk sosialisasi Pos Bantuan Hukum

Itulah profile Pengadilan Agama Sleman, suatu pengadilan  modern, transparan, efisien, dan putusannya dapat diakses oleh siapa saja, maka benarlah pujian  Cate Sumner & Tim Lindsey  dalam bukunya “ courting Reform “  yakni Pengadilan Agama di Indonesia telah melakukan pembaruan dalam sistem peradilan yang dikenal korup dan inkompeten, dan menjadi yang terdepan dalam upaya memberikan putusan pengadilan yang lebih mudah diakses, transparan, dan adil bagi perempuan dan masyarakat miskin. Pengadilan Agama di Indonesia kini dilihat sebagai pengadilan yang paling terbuka, bersih, dan efisien dari yang dulunya merupakan pengadilan yang tidak dianggap

Tidak ada komentar:

Posting Komentar