Selamat Datang di blog IKAHI DIY

Selamat Datang di blog Ikatan Hakim Indonesia Derah Istimewa Yogyakarta (IKAHI DIY)
Blog ini merupakan forum silaturahmi para anggota IKAHI DIY yang menghadirkan berbagai kegiatan dan dokumentasi kegiatan anggota IKAHI DIY beserta berbagai analisa dan artikel hukum serta hasil tulisan beberapa anggota IKAHI DIY. Seluruh artikel dan penelitian hukum berikut diperbolehkan untuk dikutip maupun didistribusikan kepada publik guna tujuan pendidikan, penelitian ilmiah, kritisisasi dan review penulisan dengan catatan tetap mencantumkan nama penulis atau peneliti yang bersangkutan. Blog ini dibuat agar seluruh anggota baik pengurus maupun non pengurus bisa memantau segala kegiatan atau informasi dari IKAHI DIY secara online. Semoga Bermanfaat.

Senin, 11 April 2011

Pembukaan KPTA CUP

Pembukaan Turnamen KPTA Yogyakarta Cup Tahun 2011

www.pta-yogyakarta.go.id (Jum'at, 08/04/11)
Cuaca yang cerah menaungi seluruh peserta turnamen olah raga antar warga peradilan agama Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2011, setelah sebelumnya hujan deras mengguyur hampir diseluruh wilayah kota gudeg, seolah mengerti akan hajatan yang akan dihelat oleh keluarga besar Pengadilan Tinggi Agama Yogyakarta pada Jumat 08/04/2011. Kebahagiaan warga peradilan agama daerah Istimewa Yogyakarta semakin lengkap karena Bapak DIrjen Badilag Drs. H. Wahyu Widiana, MA berkenan hadir dan secara resmi membuka TURNAMEN KPTA YOGYAKARTA CUP I ini.
Upacara pembukaan turnamen ini diawali dengan deville dari enam kontingen yang mewakili masing-masing satuan kerja peradilan agama di lingkungan PTA Yogyakarta dan dilanjutkan laporan Ketua Panitia Turnamen KPTA Yogyakarta Cup I, Drs. H. A  Halim Husein SH., MH.
Dalam laporan ketua panitia, kegiatan yang bertema “MENINGKATKAN HARKAT MARTABAT PRESTASI OLAH RAGA WARGA PERADILAN AGAMA DIY MENUJU SEHAT DAN PROFESIONALISME’’ ini didasarkan pada Surat Keputusan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Yogyakarta tanggal 10 Februari 2011 Nomor: W12-A/252/Kp.05.1/II/2011 kegiatan ini bertujuan selain untuk meningkatkan sportivitas dan memupuk tali silaturahmi juga diharapkan mampu mendorong peran aktif karyawan/karyawati warga Peradilan Agama Daerah Istimewa Yogyakarta dalam meningkatkan prestasi olah raga. Turnamen yang diselenggarakan pada tanggal 8,9,15 dan 16 April 2011 ini mempertandingkan 4 cabang olahraga yaitu Tenis Lapangan, Tenis Meja, Bulutangkis dan Catur.
Drs. H. Ahmad Syarhuddin, SH.MH., selaku KPTA Yogyakarta dalam kata sambutannya memberikan apresiasi positif dengan diselenggarakannya acara ini. Tujuan dari pertandingan ini bukan utama merebut kemenangan semata melainkan untuk menumbuhkan rasa sportivitas, kejujuran, keuletan karena turnamen ini hanya merupakan sarana dalam mengembangkan bakat dan kemampuan serta ketrampilan berolahraga. Pada kesempatan ini pula KPTA Yogyakarta menyampaikan rasa terimakasih kepada hakim, karyawan dan karyawati dilingkungan Peradilan Agama se-wilayah PTA Yogyakarta atas semangat dan pengabdian yang tak kenal lelah mencurahkan semua tenaga dan fikirannya guna menyelesaikan tugas sehingga semua bisa terselesaikan dengan baik dan sesuai dengan tupoksinya masing-masing.
Lebih khusus Ahmad Syarhuddin menyampaikan penghargaan kepada Tim IT bahwa berdasarkan penilaian Pusat Data Peradilan (PDP) yang disampaikan oleh Direktorat Hukum dan HAM BAPPENAS tanggal 1 April 2011 dan juga oleh LSM National Legal Reform Program (NLRP) tahun 2010 memberikan penilaian bahwa Website PTA.Yogyakarta, PA.Bantul, PA.Yogyakarta, PA.Sleman dan PA.Wates menduduki rangking terbaik.
Tidak berlebihan jika pada kesempatan yang sama diucapkan rasa terimakasih yang tidak terhingga kepada Dirjen Badilag MA-RI, Drs. H. Wahyu Widiana, MA  yang tak kenal lelah memberikan bimbingan, motivasi dan dorongan kepada seluruh jajaran peradilan agama, khususnya PTA Yogyakarta sehingga memperoleh penilaian terbaik tersebut. Dalam kaitannya selaku Kordinator Wilayah (Korwil) Unit Akuntansi Wilayah Peradilan DIY, KPTA tak lupa mengucapkan terimakasih kepada Ibu KPT Yogyakarta juga kepada KPTUN dan KADILMIL, yang turut menghadiri acara ini, beserta jajarannya karena atas kerjasamanya sehingga pada Semester I TH 2010 KORWIL DIY berhasil menduduki Rangking IV untuk Pelaporan di jajaran empat lingkungan peradilan di Indonesia.
Senada dengan KPTA Yogyakarta, Dirjen Badilag menyampaikan rasa terimakasih serta penghargaan pada seluruh warga peradilan agama di wilayah PTA Yogyakarta pada umumnya dan PTA Yogyakarta pada khususnya, atas keberhasilan website PTA Yogyakarta yang berhasil menjadi terbaik dari yang terbaik pada lingkungan Peradilan Agama. “Meningkatnya Pengadilan Tinggi Agama Yogyakarta juga merupakan kejutan, di mana pada website assessment yang dilakukan NLRP sebelumnya dan diterbitkan dalam QFS edisi ke-4 Desember 2010, Pengadilan Tinggi Agama Yogyakarta berperingkat ke-4. Pengadilan Tinggi Agama Surabaya saat itu menjadi yang terbaik dengan nilai sempurna. Namun, melalui peningkatan standar penilaian website saat ini, Pengadilan Tinggi Agama Surabaya posisinya tergeser oleh Pengadilan Tinggi Agama Yogyakarta,” sebagaimana ditulis NLRP dalam bukunya.
Dalam posisi lima besar, PTA Yogyakarta kemudian memperbaiki posisinya menjadi rangking satu  pengadilan tingkat banding terbaik, sekaligus memberikan motivasi dan membawa tiga satker pengadilan di bawahnya bersama-sama meraih posisi lima besar dalam kategori “best of the best” tidak hanya dalam lingkungan peradilan agama bahkan juga dalam lingkup empat lingkungan peradilan, dalam penilaian NLRP berikutnya.
“Faktor keberhasilan reformasi di lembaga peradilan agama ini adalah adanya komunikasi yang sangat baik terjalin antara pusat dengan daerah dengan memaksimalkan penggunaan fasilitas internet, bukan hanya sebagai aksesoris, tetapi lebih sebagai instrument dalam mendukung pelaksanaan tugas-tugasnya. Hal itu sejalan dengan apa yang menjadi salah satu point dari Quick Wins dalam rangka Reformasi Birokrasi di Mahkamah Agung yaitu Pengembangan Sistem Informasi dan Teknologi,” lanjut beliau.
Upacara yang berlangsung meriah ditutup dengan pembacaan doa oleh Hakim Tinggi Drs. H. Muh. Hidayat, SH., MH. Seusai upacara Dirjen Badilag berkenan berbagi kebahagiaan, turut menyumbangkan suaranya untuk bernyanyi bersama ketua PTA Yogyakarta beserta warga peradilan agama Yogyakarta. (fey)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar